Breaking News

Sejarah Hari Kanker Ovarium Sedunia 8 Mei, Begini Fakta Menariknya


 Surabaya - , detiknews.com -Hari Kanker Ovarium Sedunia diperingati pada 8 Mei setiap tahunnya. Tujuannya untuk menyuarakan solidaritas dan kepedulian dalam perjuangan melawan kanker ovarium.

Peringatan hari ini untuk menyatukan mereka yang hidup dengan kanker ovarium, serta para penyintas dan keluarganya. Simak penjelasan mengenai peringatan Hari Kanker Ovarium Sedunia di bawah ini.

Sejarah Hari Kanker Ovarium Sedunia

Penetapan Hari Kanker Ovarium Sedunia 8 Mei digagas oleh kelompok pemimpin organisasi advokasi kanker ovarium seluruh dunia pada 2013. Peringatan ini atas keinginan untuk menyuarakan solidaritas dalam perjuangan melawan kanker ovarium bagi semua perempuan di dunia.

Selain itu, hari peringatan tersebut juga inisiatif utama World Ovarian Cancer Coalition. Yang mana, peringatan ditujukan untuk meningkatkan kesadaran pada isu kesehatan.

Pada perkembangannya, Gerakan Hari Kanker Ovarium Sedunia ini memperoleh dukungan dari hampir 200 organisasi dunia. Kemudian, pada 2023, media sosialnya telah menjangkau lebih dari 192 juta audiens secara global.

Pada 2024, Hari Kanker Ovarium Sedunia mengusung tema 'No Woman Left Behind'. Tema ini berarti tidak seorang perempuan pun yang boleh tertinggal.

Cara Memperingati Hari Kanker Ovarium Sedunia

Memperingati Hari Kanker Ovarium Sedunia bisa dilakukan dengan berbagai cara. Sejatinya peringatan ini untuk meningkatkan kesadaran akan kanker ovarium. Maka, lakukan pemeriksaan riwayat kesehatan untuk mengetahui apakah memiliki risiko kanker.

Karena penyakit kanker berbahaya, membagikan informasi tentang risiko penyakit ini dapat meningkatkan kesadaran bagi orang lain. Selain itu, memperingati hari ini juga bisa dengan memberi dukungan pada pasien kanker agar mereka merasa tidak sendiri.

Selain itu, bentuk partisipasi perayaan hari ini bisa dengan berkomitmen menurunkan risiko kanker ovarium. Dengan selalu menerapkan gaya hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri.

Fakta-fakta Kanker Ovarium

Melansir laman National Today, ternyata penyakit kanker ovarium mempunyai beberapa fakta menarik yang perlu diketahui. Adapun lima fakta tentang kanker ovarium sebagai berikut.

1.Mayoritas orang di Amerika didiagnosis menderita kanker ovarium mempunyai tingkat kelangsungan hidup 5 tahun sebesar 49%. Angka tersebut lebih rendah di negara-negara berkembang.
2. Menopause tertunda dan usia menjadi faktor risiko kanker ovarium. Beberapa orang didiagnosis menderita penyakit ini pada usia rata-rata 63 tahun.
3. Di Amerika Utara dan Eropa lebih sering terjadi kematian karena kanker ovarium, dibandingkan di Asia atau Afrika.
4. Rata-rata orang berpeluang satu dari 78 terkena kanker ovarium.
5. Mengacu pada American Cancer Society, tingkat diagnosis kanker ovarium sekitar 20%.
(red.ra)

© Copyright 2022 - detiknews
https://www.detiknews.web.id/p/box-redaksi.html