Breaking News

Hizbullah Kembali Tembakkan Roket dan Drone Peledak ke Israel

Jakarta, detiknews.com - Kelompok militan Hizbullah mengatakan telah menembakkan gelombang roket dan drone ke tentara Israel kemarin. Serangan ini sebagai balasan setelah salah satu komandan senior Hizbullah tewas akibat serangan Israel.


"Serangan dengan roket dan drone, menargetkan enam barak dan lokasi militer, sekaligus menerbangkan skuadron drone bermuatan bahan peledak di tiga pangkalan Israel lainnya," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan dilansir AFP, Jumat (14/6/2024).

Salah satu sasarannya adalah pangkalan Israel yang menurut para militan merupakan markas intelijen yang "bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut". Hizbullah mengatakan serangan itu adalah bagian dari respons terhadap pembunuhan komandannya Taleb Abdallah pada Selasa (11/6).

Tentara Israel mengatakan pada sore hari bahwa sekitar 40 proyektil diluncurkan ke arah daerah Galilea dan Dataran Tinggi Golan, dan menambahkan bahwa sebagian besar proyektil berhasil dicegat, sementara beberapa lainnya memicu kebakaran.

Dalam satu serangan di dekat desa perbatasan Manara, "Satu tentara IDF (tentara) terluka sedang dan seorang tentara lainnya terluka ringan", kata militer.

Pemerintah Israel mengatakan akan merespons dengan tegas semua serangan Hizbullah. Israel mengatakan akan membalas serangan itu.

"Israel akan membalas dengan kekuatan terhadap semua agresi Hizbullah," kata juru bicara pemerintah David Mencer dalam konferensi pers, dan berjanji untuk "memulihkan keamanan di perbatasan utara kami".

Belakangan, Kantor Berita Nasional Lebanon melaporkan bahwa pesawat tempur Israel melancarkan serangan yang menargetkan sebuah rumah di kota Janata, menewaskan satu warga sipil dan melukai tujuh lainnya.(red.J)

© Copyright 2022 - detiknews
https://www.detiknews.web.id/p/box-redaksi.html