Breaking News

Kemunculan 'Buncul' yang Gegerkan Warga Cirebon

  


Cirebon, detiknews.com - Warga Cirebon sempat dihebohkan dengan kabar tertangkapnya sebuah mahluk aneh yang disebut Buncul. Buncul bagi warga Cirebon dianggap merupakan makhluk gaib yang punya bentuk menyerupai jenglot.

Penemuan buncul tersebut terjadi pada Minggu 16 Januari 2011 silam. Saat itu, sebuah makhluk berbentuk aneh menyerupai jenglot menghebohkan warga Desa Pamijahan, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon.

Abdul Jamil, pria yang saat itu berusia 25 tahun adalah orang pertama yang menemukan makhluk buncul tersebut. Abdul Jamil di kalangan warga dikenal sebagai orang yang punya kekuatan supranatural.

Konon, Abdul Jamil menemukan makhluk buncul itu di sebuah sungai di Cirebon pada Minggu malam. Penemuan makhluk buncul itu lantas membuat geger warga hingga banyak yang berdatangan ke rumah Abdul Jamil.

Hingga pada Senin 17 Januari 2011, makhluk buncul itu dipertontonkan kepada warga di GOR Pamijahan. Makhluk buncul tersebut dimasukkan ke dalam akuarium dan dipajang. Warga yang penasaran berduyun-duyun datang untuk melihat makhluk gaib itu.

Di dalam akuarium, makhluk buncul diletakkan dengan alas kain putih, sementara matanya ditutup kain hitam. Di sekelilingnya juga ditabur kembang tujuh rupa.

Makhluk buncul itu terlihat bertangan dua tetapi tidak berkaki. Panjangnya hanya beberapa centimeter, kulitnya bersisik dan berwarna hitam dan berambut panjang. Tubuhnya seperti buntung dengan ekor pendek tanpa kaki dengan gigi yang tampak kecil dan tajam.

Sutarno warga setempat mengatakan, penemuan makhluk buncul itu menguatkan mitos yang ada di masyarakat. Menurutnya, buncul merupakan makhluk gaib sering muncul di sungai yang mengincar anak-anak dan akan menghisap darah korbannya.

"Warga percaya, makhluk ini bisa menyedot darah anak-anak saat berenang, sehingga meninggal. Tetapi di sini, belum pernah ada kejadian yang meninggal," ujar Sutarno saat itu.

Ternyata Palsu

Kabar penemuan makhluk buncul itu heboh sampai berhari-hari. Hingga akhirnya, terungkap fakta jika makhluk buncul tersebut palsu. Abdul Jamil diketahui menipu masyarakat karena makhluk buncul itu hanyalah sebuah patung buatan.

Akibatnya, Abdul Jamil ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka karena dianggap melakukan penipuan. "Kami sudah tetapkan dia (Abdul Jamil) sebagai tersangka. Saat ini pelaku sudah diamankan," ucap Kapolres Cirebon saat itu AKBP Edi Mardianto, Rabu 19 Januari 2011.

Dilansir dari berbagai sumber, mitos makhluk buncul memang melekat bagi masyarakat di wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa Barat. Buncul dikenal bukan hanya di Cirebon, namun juga di Indramayu hingga Subang.

Namun ada juga yang menyebut buncul adalah fiksi belaka. Buncul ada sebagai peringatan dari orang-orang terdahulu untuk menakut-nakuti agar anak-anak tidak berlama-lama main di sungai.(red.J)

© Copyright 2022 - detiknews
https://www.detiknews.web.id/p/box-redaksi.html