Breaking News

"Pelantikan Pejabat Setingkat Menteri: Prabowo Tunjuk Sanitiar Burhanuddin sebagai Jaksa Agung"

  


Jakarta, detiknews.web.id - Presiden Prabowo Subianto resmi melantik Muhammad Herindra menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Sementara itu, AM Putranto diangkat menjadi Kepala Staf Kepresidenan.

Pelantikan Kepala BIN dan KSP berbarengan dengan pelantikan menteri Kabinet Merah Putih di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2024). Prabowo juga melantik Hasan Nasbi menjadi Kepala Kantor Komunikasi Presiden.

Berikut pejabat setingkat menteri yang ikut dilantik pagi ini oleh Prabowo:

Pejabat Setingkat Menteri

1.⁠ ⁠Sanitiar Burhanuddin, sebagai Jaksa Agung;
2.⁠ ⁠Muhammad Herindra, sebagai Kepala Badan Intelijen Negara;
3.⁠ ⁠AM Putranto, sebagai Kepala Staf Kepresidenan;
4. Qodari, sebagai Wakil Kepala Staf Kepresidenan;
5.⁠ ⁠Hasan Nasbi, sebagai Kepala Kantor Komunikasi Presiden;
6. Luhut Binsar Pandjaitan, sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional

Dalam acara itu, Prabowo mengambil sumpah jabatan para menteri dan pejabat setingkat menteri. Para pejabat yang dilantik didampingi rohaniwan lalu mengikuti sumpah jabatan yang dibacakan Prabowo.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," demikian bunyi sumpah jabatan tersebut.

Setelah itu, para pejabat yang dilantik menandatangani berita acara pelantikan. Kemudian acara ditutup dengan kumandang lagu Indonesia Raya.(red.z)

© Copyright 2022 - detiknews
https://www.detiknews.web.id/p/box-redaksi.html