Breaking News

Prabowo Subianto Pimpin Kabinet Merah Putih, Berita Besar bagi Indonesia

  

JAKARTA,detiknews.web.id  - Era pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka periode 2024-2029 dimulai dengan pengumuman susunan Kabinet Merah Putih. Pengumuman disampaikan di Istana Merdeka, Minggu (20/10/2024) malam, setelah Prabowo dan Gibran resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) RI dan mengucapkan sumpah/janji dalam sidang Paripurna MPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu pagi. “Dengan kesepakatan para ketua umum koalisi kami, kami beri nama kabinet ini Kabinet Merah Putih,” kata Prabowo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu malam. Susunan Kabinet Merah Putih berbeda dari Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin periode 2019-2024.

Kabinet Merah Putih terdiri dari 7 Kementerian Koordinator (Kemenko) dan 41 Kementerian Teknis.

Pada Kabinet Merah Putih terdapat Kementerian Koordinator Bidang Pangan. Kementerian itu dipimpin Menteri Koordinator Bidang Pangan Zulkifli Hasan. Zulkifli Hasan saat ini juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN). Pada periode sebelumnya, Zulkifli mendapatkan posisi sebagai Menteri Perdagangan.

Ini adalah kementerian baru yang dibentuk di Kabinet Merah Putih. Dalam menjalankan tugasnya Zulkifli tidak didampingi wakil menteri.(red.z)
© Copyright 2022 - detiknews
https://www.detiknews.web.id/p/box-redaksi.html